Selasa, 25 Februari 2014

Cerita Head Hunters Of Borneo

Kabar Kalsel - Cerita tentang Head Hunters atau pemburu kepala merupakan kisah horor yang sangat populer bagi masyarakat Banjar pada jaman dulu (setidaknya hingga akhir tahun 80-an) dan mungkin masih berlaku hingga sekarang untuk anak di pedesaan. Kisah ini biasanya diceritakan kepada mereka (anak-anak) saat tidak menurut "kada paasian"  misalnya ketika ingin pergi malam hari atau ketempat yang di larang.
Head hunters of Borneo
Carl Bock, Perjalanan menyusuri pedalaman Kalimantan

Mayau atau Ngayau (Head Hunters) di gambarkan sebagai pembunuh sadis dengan memotong kepala musuhnya yang (menurut cerita ) digunakan sebagai persembahan. Namun hingga saat ini kebenaran cerita tentang Mayau atau Ngayau masih tanda tanya, sebagian orang meyakini mereka memang benar ada, tinggal jauh di pedalaman. Sebagian orang lagi menyangsikannya dan menganggap kisah itu hanya dongeng untuk menakut-nakuti anak-anak yang bandel.

Cerita tentang Ngayau atau Head Hunters ternyata tidak hanya ada di kalangan suku-suku di Indonesia misalnya suku Banjar, tetapi juga pernah ditulis oleh seorang seorang naturalis dan eksplorator asal Norwegia, Carl Bock. Dalam buku berbahasa inggris berjudul "The Head Hunters Of Borneo" tersebut Carl Bock mengisahkan berbagai kesulitan dan rintangan selama perjalannnya dari Kalimantan Timur ke Kalimantan Selatan, termasuk cerita tentang peradaban Dayak dan Kanibalisme antar suku serta manusia berekor (Orang Boentoet).

Bock dalam catatannya telah berjumpa Dayak Long Wai, Dayak Long Wahou, Dayak Modang, Dayak Punan, “Orang Bukkit” dari Amontai, dan Dayak Tring. Dia juga menuturkan upayanya dalam menyingkap kisah lama dari warga setempat tentang manusia berekor. 

Perjalanan Bock melintasi pedalaman Kalimantan dari Kutai hingga ke Banjarmasin serta ke Amuntai ini juga di tuliskannya kedalam sebuah buku berbahasa Belanda yang berjudul "Verblijf te Bandjermassin en tocht naar de afdeeling Amoentai" tahun 1881

Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Carl_Bock#cite_note-1
http://books.google.co.id/books/about/The_Headhunters_of_Borneo.html?id=QQx-uQAACAAJ&redir_esc=y

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan, isi komentar menjadi tanggung jawab individu yang bersangkutan.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Perjalanan Wisata