Kamis, 21 November 2013

Pantai Angsana, Bukti Surga Laut Kalsel

objek wisata pantai angsana kalsel
Pesona Terumbu Karang, Pantai Agsana
Kabar Kalsel - Jika dibandingkan dengan Pantai Batakan atau Takisung, Pantai Angsana masih jauh kalah populer. Padahal jika melihat potensi dan keindahan pasir putih serta pesona biota lautnya, pantai ini jauh melebihi keduanya. Sayangnya potensi wisata dan budaya bahari  yang ada  masih belum optimal dikembangkan.

Pantai Angsana terletak di Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan. Perlu setidaknya 5-6 jam jika menempuh perjalanan darat dari Kota Banjarmasin. Merupakan pantai dengan hamparan pasir putih dan keindahan pesona bawah laut yang luar biasa. 


lokasi pantai angsana
Pantai Angsana
Selain, menikmati deburan ombak, wisatawan yang berkunjung bisa menikmati beragam aktivitas menarik di pantai ini mulai dari memancing, menikmati sunset atau sekedar bermain jet ski, dan banana boat. Namun, ada satu aktivitas yang sangat rugi jika and lewatkan, yaitu snorkling.

Terumbu Karang dan Ikan Badut, Pantai Angsana
Gugusan terumbu karang beragam bentuk dan beraneka warna membuat aktivitas snorkling seakan hal wajib yang tidak boleh terlewatkan ketika berkunjung ke pantai ini. Ada tiga spot snorkling dan diving yang populer di kawasan ini yaitu  Batu Anjir, Sungai Dua Laut dan Karang Kima. Peralatan bisa disewa di tempat penyewaan alat snorkling dan diving setempat. Sedangkan untuk menuju spot biasanya menggunakan perahu nelayan. Umumnya penyewaan alat untul aktivitas snorkling dan diving berupa paket jadi sudah termasuk, kapal dan dive master.

Meski potensi pantai Angsana begitu luar biasa, fasilitas dan sarana untuk wisatawan masih terbilang sangat minim. Saat tulisan ini dibuat, setidaknya ressort yang ada baru dua kamar yang telah rampung dengan kapasitas perkamar sekitar 6 orang. Alternatif lain bagi mereka yang ingin bermalam bisa menyewa tenda atau menumpang di rumah-rumah warga setempat. 

Kawasan pariwisata  mulai dikembangkan awal tahun 2013 ini pernah masuk dalam nominasi Cipta Sapta Pesona pada tahun 2010 karena keindahan terumbu karangnya. Sayangnya keindahan terumbu karang ini terancam oleh keberadaan pelabuhan khusus batu bara. Warga khawatir serpihan material batu bara akan mencemari perairan laut dan akan mengganggu kelestarian terumbu karang yang secara tidak langsung juga akan mempengaruhi biota lainnya termasuk ikan. 

Sumber : www.tanahbumbukab.go.id, dan beberapa blog.



3 komentar:

Keyza Wulandari mengatakan...

Wow pemandangan yang sangat menakjubkan !!

Anonim mengatakan...

demi indahnya panorama pantai angsana rela bermandikan debu jalanan

Unknown mengatakan...

Yg ingin menginap di pntai angsana hub. 082322415745 (penginapan)

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan, isi komentar menjadi tanggung jawab individu yang bersangkutan.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Perjalanan Wisata