Rabu, 19 Juni 2013

Jembatan Kayu Tangi Macet Lagi

Kabar - Kalsel, Jembatan Kayu Tangi Macet Lagi (19/06/13) untuk kesekian kalinya. Kemacetan yang berlangsung sejak sekitar pukul 18.00 Wita tersebut setidaknya baru berangsur normal pada pukul 21.00 Wita. Banyaknya truk-truk dan mobil tangki, membuat jalanan alternafit menuju jembatan II Kayu tangi pun penuh sesak. 
penyebab kemacetan lalu lintas
Macet, jembatan I Kayu Tangi menjadi langganan macet 

Kemacetan bermula, saat sebuah kendaraan pengangkut alat berat (excavator) dari arah Handil Bakti mengalami mogok tepat di tanjakan jembatan Kayu Tangi. Akibatnya, truk-truk besar berlawanan arah tidak bisa melintas, tetapi masih bisa di lalui oleh mobil-mobil kecil dan sepeda motor. Kemacetan yang sudah terlihat sejak didepan Akbid Bunga Kalimantan membuat sebagian pengendara mengambil jalur alternatif  menuju jembatan II Kayu tangi, namun adanya perbaikan jembatan Jl Tembus Prumnas yang belum selesai membuat jalan penuh sesak karena  jalan tersebut juga digunakan oleh  pengendara yang berasal dari arah Handil Bakti menuju Banjarmasin.
gambar kemacetan
Kendaraan Pengangkut Alat Berat Mogok, Jembatan Kayu Tangi Macet lagi

Pemerintah sebaiknya mulai memikirkan hal ini, mengingat baik jembatan Kayu Tangi ataupun Jembatan II Kayu Tangi sangat penting bagi jalur transportasi. Sebagaimana diketahui jalur ini selalu dilintasi oleh truk besar, kontainer dan kendaraan pengangkut alat berat. Setidaknya perlu pengawasan dan pengaturan baik arus lalu lintas maupun pemeliharaan jembatan, apalagi jalur alternatif tonasinya hanya untuk kendaraan  dengan beban maksimal 8 ton. Kelumpuhan salah satu jembatan tersebut dapat dipastikan akan membuat lumpuhnya arus lalu lintas penghubung Banjarmasin-Batola tersebut. 

Ada baiknya, instansi terkait menempatkan unit personil lantas untuk mengatur dan menjaga kestabilan arus lalu lintas pada jam-jam sibuk, paling tidak hingga pembangunan jembatan di Jalan Tembus Prumnas selesai. Karena saat ini lalu lintas hampir 90 % terpusat pada Jembatan I Kayu Tangi. 


0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan, isi komentar menjadi tanggung jawab individu yang bersangkutan.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Perjalanan Wisata