Minggu, 18 Juni 2017

Banjir dan Longsor di Kintap Kalsel

Kabar Kalsel - Luapan Sungai Kintap di Desa Kintaplama, Kecamatan Kintap, Kabupaten Tanahlaut akibat hujan deras yang turun di kawasan tersebut berdampak pada jebolnya  tanggul tambang batubara, Minggu (18/6/2017) siang. Berdasarkan data dinas sosial yang beredar di grup WhatsApp Jendela Informasi Tanahlaut sekitar 74 jiwa dari 19 kepala keluarga direlokasi dari lokasi musibah yang berada di lingkungan RT 6.
Banjir di kintap 2017
Tanggul Eks Lubang Tambang Yang Jebol Akibat Luapan Sungai Kintap
Derasnya air juga menggerus tebing dan menghanyutkan sekitar 8 rumah dari 18 rumah di area terdampak banjir dan longsor. Bahkan salah satu video amatir sempat meperlihatkan rekaman detik-detik salah satu rumah yang hanyut akibat tanahnya longsor tergerus derasnya air tersebut. 

video
kredit : ulah kardus

Atas musibah tersebut sebagaimana dilansir dari dari banjarmasin.tribunnews.com, malamnya, Pemerintah Desa Kintaplama mendirikan Posko bantuan untuk para korban yang terdampak banjir sungai Kintap di Kantor Desa Kintaplama. Untu sementara mereka diminta menempati rumah kontrakan di sekitar desa Kintaplama yang telah disewakan oleh pemerintah desa.
foto tanggul tambang jebol di kintap terbaru
Area terdampak banjir dan longsor di Kintap, Tanah Laut
Masih dilansir dari banjarmasin.tribunnews.com, Informasi dihimpun, sekitar pukul 10.30 Wita, warga di sekitar bantaran sungai Kintap melihat debit air naik menggenangi halaman rumahnya. Ternyata, air sungai Kintap meluap menerjang tanggul penahan batas bantaran sungai Kintap dengan areal lubang galian tambang batu bara. Berkat kesigapan pemerintah Desa Kintap Lama yang meminta warga meninggalkan rumah dan mengevakuasi harta benda yang ada, tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. 

Berikut data beberapa di antara keluarga yang terdampak banjir dan longsor di Kintap Kalimantan Selatan yang di himpun dari grup Habar Tabalong.

1. Edi / istri / 1 anak
2. Wira dani / istri / 1 anak
3. Jamilah / 2 anak
4. Nani
5. Abdul hamid / istri / 1 anak
6. Yudi / istri / 5 anak
7. Taufik/ istri / 2 anak
8. Idris / istri / 1 anak

Rumah yang terkkena dampak 
1. Mu'in /istri/ 2 anak
2. Muriadi / istri / 4 anak
3. Isnani / janda / 4 anak

1 buah jembatan rusak
RT 6 Desa Kintap

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan, isi komentar menjadi tanggung jawab individu yang bersangkutan.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Perjalanan Wisata