Rabu, 19 Maret 2014

Arutmin Asam-Asam Tangkarkan Anggrek Meratus

Kabar Kalsel - Sadar aktifitasnya berhubungan dengan kegiatan alih fungsi hutan, PT. Arutmin Indonesia Asam-asam lantas berinisiatif mendirikan penangkaran anggrek spesies meratus. Penangkaran yang dibangun sekitar pertengahan 2013 lalu ini kini sudah memiliki kurang lebih 45 jenis anggrek pegunungan meratus termasuk beberapa spesies yang masuk katagori mulai langka seperti Vanda dearei, Paphiopedilum supardii dan Phalaenopsis amabilis.
Penangkaran anggrek meratus arutmin
Penangkaran Anggrek Meratus PT AI Asam-asam

Fajri Hairannoor, environmental supervisor PT. AI Asam-asam yang merupakan penanggung jawab penangkaran berharap penangkaran ini cepat berkembang dan bisa memberikan kontribusi dalam upaya pelestarian anggrek meratus khususnya spesies yang kini keberadaannya terancam punah. Di akui Fajri, mereka memulai dari nol sehingga harus banyak belajar terutama dalam hal pengenalan karakteristik jenis-jenis anggrek guna mempermudah proses perawatan dan pengembangbiakannya.
jenis-jenis anggrek di penangkaran arutmin
Tim INOS Kalsel di dampingi Tim Arutmin Indonesia di lokasi
Penangkaran Anggrek Meratus Asam-asam

Untuk menambah wawasan perihal pengelolaan penangkaran anggrek spesies, tim penangkaran Asam-asam belajar dari INOS Kalsel serta GSO Orchids House PT. AI Batulicin. Selain mendatangkan tim INOS, Fajri Hairanoor bersama tim juga menyempatkan diri mengunjungi langsung penangkaran anggrek meratus INOS Kalsel di desa Sebuhur, Jorong.

Muhammad Yusuf pembina penangkaran menegaskan PT. AI memang telah berkomitmen turut andil dalam upaya pelestarian anggrek meratus khususnya yang masuk katagori langka atau sulit ditemukan di habitatnya.

"Kami akan melakukan yang terbaik semampu kami, bahkan jika di perlukan kami siap mengupayakan perbanyakan anggrek-anggrek spesies meratus langka dengan teknik kultur jaringan jika diperlukan", tegas M Yusuf disela mendampingi tim INOS Kalsel melakukan identifikasi koleksi penangkaran Anggrek Asam-asam.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan, isi komentar menjadi tanggung jawab individu yang bersangkutan.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Perjalanan Wisata