Rabu, 05 Februari 2014

Wacana CPNS 2014 Hanya Untuk Putra Daerah

CPNS 2014
Kabar Kalsel – Adanya wacana beberapa daerah akan memberlakukan peraturan khusus penerimaan CPNS hanya untuk kalangan putra daerah menuai pro dan kontra. Meski Mentri PAN-RB, Azwar Abubakar seperti dilansir dari harian Kalteng Pos menuturkan pemda boleh menetapkan aturan ini tetapi harus di umumkan sebelum pengajuan lamaran sehingga pelamar dari luar daerah mengetahuinya. Namun, bagi Azwar kebijakan itu terkesan kaku.

Munculnya wacana ini lantaran pada perekrutan Pegawai Negeri Sipil 2013 lalu sangat minim di isi oleh putra daerah. Kuota yang ada justru lebih banyak di isi oleh pelamar dari luar daerah. Karenanya beberapa daerah seperti Kalimantan Tengah mengusulkan agar pada perekrutan CPNS mendatang kuota formasi bisa lebih banyak di isi oleh putra daerah. Terlebih pemerintah rencananya akan kembali membuka perekrutan tenaga CPNS padah pertengahan 2014 tahun ini.

Sebenarnya jika wacana perekrutan CPNS tertutup ini diberlakukan ada banyak resiko yang justru tidak menguntungkan baik bagi para pelamar cpns maupun daerah itu sendiri. Sebagai contoh, jika kualitas SDM putra daerah masih rendah dan tetap dipaksakan justru pembangunan serta pelayanan kepada masyarakat akan kurang maksimal dan akan tertinggal dari daerah lain.

Masalah lain jika banyak daerah memberlakukan sistem ini adalah akan terjadi kecemburuan sosial daerah yang hanya mendapatkan kuota formasi sedikit kepada daerah yang mendapatkan kuota formasi lebih banyak.

Sebenarnya, cara yang memang sedikit lebih bijak membendung pelamar dari luar daerah sudah di lakukan oleh Kemen PAN-RB untuk daerah di wilayah Indonesia Timur. Caranya dengan memberikan Kebijakan Afirmatif dimana sejak awal sudah ditetapkan jumlah kuota yang akan di isi oleh pelamar dari daerah setempat. Dengan cara ini Perekrutan CPNS tetap bisa di lakukan secara terbuka tetapi tetap tidak terlalu mempengaruhi peluang putra daerah untuk mengisi Kuota formasi yang ada.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan, isi komentar menjadi tanggung jawab individu yang bersangkutan.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Perjalanan Wisata