Minggu, 03 November 2013

Waktu Minim, Banyak Peserta Menjawab Soal Asal-Asalan

Kabar Kalsel - Banyak peserta tes CPNS 2013 mengaku terpaksa harus menjawab asal-asalan sebagian soal tes lantaran waktu yang disediakan untuk menjawab sekitar 120 soal sangat terbatas. Salah satu peserta tes CPNS di Kab. Kotabaru Kalimantan Selatan, Siti mengatakan terpaksa harus menjawab asal-asalan lantaran waktu yang disediakan sangat sempit, apalagi soal tes sempat terlambat dibagikan yaitu baru tiba sekitar pukul 09.00 Wita. Alhasil, Ia baru sempat mengerjakan soal sampai dengan nomor 85 dari 120 soal. "Aku cuma sempat menyelesaikan 85 soal, sisanya di jawab sembarang karena waktu mengerjakan tidak cukup" ujarnya kepada Kabar Kalsel. 
  Peserta CPNS Usai  Tes 

Waktu yang tersedia yaitu sekitar 120 menit sebenarnya menurut beberapa peserta sudah dirasa cukup andai saja teks-teks soal tidak banyak menggunakan wacana yang panjang. Dengan banyaknya teks soal berbentuk cerita dan wacana serta soal hitungan otomatis sulit untuk bisa mencermati soal dengan teliti dengan waktu rata-rata hanya satu menit per soal. "Ada beberapa soal wacana serta hitungan makanya waktunya jadi sangat minim, jangankan untuk mengecek kembali jawaban, menyelesaikan seluruh soal saja pas-pasan", ujar Rian salah satu peserta tes CPNS  untuk bidang Guru tahun 2013.

Jika di beberapa daerah  peserta tes CPNS  mengeluhkan keterlambatan datangnya soal sehingga waktu mengerjakan menjadi mepet, maka lain lagi dengan tes di daerah Kasongan Kalimantan Tengah. Di salah satu tempat pelaksanaan tes untuk Formasi jabatan Guru SMA, kesalahan komunikasi lama waktu pengerjaan soal tes membuat peserta hanya bisa pasrah. Waktu pelaksanaan tes yang semula di informasikan oleh pengawas selesai pukul 10.30 WIB sebagaimana yang tertera di kartu peserta, ternyata lima menit sebelum pukul 10.00 di informasikan ulang bahwa waktu pengerjaan soal hanya sampai pukul 10.00 WIB. Tak pelak, lima menit tersisa dimanfaatkan sebagian besar peserta untuk melingkari lembar jawaban secara sembarang. "Waktu selesai pengerjaan tesnya di majukan 30 menit lebih cepat, dari pada kosong ya sisanya dijawab sembarang aja" ujar Rini.

Beberapa ketidaknyamanan tersebut tentu saja membuat sebagian peserta pesimis, terlebih soal tes tahun ini dirasa cukup sulit. Sedangkan sebagaimana yang telah di umumkan dalam Permenpan-RB No. 35 Tahun 2013, untuk bisa lolos tes CPNS setiap peserta harus bisa melampaui passing grade yang telah ditetapkan yaitu 108 Nilai TKP, 70 Nilai TIU dan 65 Nilai TWK.

2 komentar:

YongMI_TAMI mengatakan...

bener bgt, kmrin aja saya tes di kota tanjung. wahh yg bener2 ke jawab soalnya cuma sampai soal 70, nah sisanya krn cuma tgl wkt menit. jadi asal2 an deh... aduh..gemes bgt sbrnnya..y mw gmn... drpd kosong..

candra_kusuma14780 mengatakan...

betul...waktunya mepet.....banyak wacana n hitungan rumit.....

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan, isi komentar menjadi tanggung jawab individu yang bersangkutan.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Perjalanan Wisata