Selasa, 22 Oktober 2013

Kabut Selimuti Banjarmasin Dan Sekitarnya

Kabar Kalsel - Kabut tebal nampak menyelimuti Banjarmasin dan sekitarnya pagi ini (23/10/2013). Suasana kabut yang merupakan salah satu fenomena musim kemarau kali ini tampak lebih pekat dari biasanya. Di kawasan Handil Bakti, kabut membuat pengendara harus ekstra waspada karena mengurangi jarak pandang. Berdasarkan pantauan Kabar kalsel, jarak pandang pada kawasan tertentu bahkan hanya berjarak 20-30 meter. 
Penyebab Kabut pagi hari
Kabut Asap Di kawasan Handil Bakti - Batola

Di Sungai kabut tampak lebih pekat dan membuat arus lalu lintas air nyaris terhenti. Jarak pandang seperti di Sungai Awang bahkan hanya antara 5-10 meter sekitar pukul 07.00 Wita pagi. Hal ini tentu menganggu aktivitas warga yang menggunakan transportasi air sebab jika dipaksakan akan berbahaya bagi keselamatan.

Berbeda dengan kabut di sekitar Banjarbaru atau beberapa kawasan Kalimantan Tengah, kabut kali ini tidak tercium adanya bau asap. Sehingga bisa disimpulkan kabut yang menyelimuti kota Banjarmasin kali ini bukanlah kabut asap melainkan kabut biasa.

Kabut adalah uap air yang berada dekat permukaan tanah kemudian berkondensasi (perubahan wujud benda ke wujud yang lebih padat seperti gas (atau uap) menjadi cairan) menjadi mirip awan. Peristiwa ini terbentuk karena hawa dingin di sekitar  dan kadar kelembaban yang tinggi, yaitu mendekati 100 persen.

Untuk mengurangi resiko terjadinya kecelakaan lalu lintas semua penggendara dianjurkan untuk tetap menyalakan lampu penerangan kendaraan mereka hingga kabut menghilang khususnya untuk mobil, sebab untuk sepeda motor sudah diwajibkan untuk menyalakan lampu baik malam maupun siang hari.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan, isi komentar menjadi tanggung jawab individu yang bersangkutan.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Perjalanan Wisata